CESSPOOL


CESSPOOL
Cesspool adalah jenis pengolahan limbah domestik dengan metode tertutup di rumah individu, perumahan, dan sebagainya. Metode ini tidak cocok bagi pengolahan berskala besar.
Konstruksi:
Pengolahan ini memiliki bentuk konstruksi persegi panjang atau lingkaran dengan dasar bak yang ditembok. Dinding tembokan terbuat dari semen mortar dan permukaan bagian dalamnya dilapisi plester. Terkadang, beberapa lubang dibuat dalam bentuk zigzag di dinding. Kedalaman bak bervariasi dari 3-4 m dan tidak boleh berada di bawah ketinggia muka air tanah.  Sebuah penutup RCC diletakkan di atas bak.

Besar volume cesspool bervariasi tergantung jumlah pemakai.umumnya, kapasitas bak bervariasi dari 2000-5000 liter. Pipa inlet disambungkan dengan bak menggunakan pipa bentuk “T”, seperti pada gambar. Sebuah pipa ventilasi disediakan untuk membuang kelebihan gas. Pengolahan ini harus diletakkan jauh dari pemukiman. Saluran yang menghubungkan jamban dengan cesspool berua saluran pipa bawah tanah.
Fungsi dan pembersihan:
Pada cesspool, penguraian limbah domestic dilakukan oleh bakteri anaerob. Setelah proses penguraian, lumpur yang terbentuk terendapkan di dasar bak, sedangkan effluent dikumpulkan di atas bak. Ketika cesspool terisi penuh, effluent disisihkan dengan cara memompa dan dikumpulkan di tangki dan dibuang di sebuah lahan khusus tertutup yang berada jauh dari pemukiman.

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Tanggap Darurat Banjir Di Perusahaan Perkantoran

Mengenal DISTILASI/DESALINASI MULTI STAGE FLASH

Rumus Untuk Menghitung Debit Air