Mengenal DISTILASI/DESALINASI MULTI STAGE FLASH

1. Pengertian
Distilasi/desalinasi adalah proses menghilangkan garam dan mineral-mineral terlarut dari air lautatau air payau menjadi air tawar.  Multi Stage Flash (MSFadalah salah satu teknologi desalinasi yang telah teruji untuk menjadikan air tersebut menjadi air minum. Proses MSF adalah  teknologi desalinasi menggunakan distilasi yang biasanya digunakan untuk skala besar.
Multi Stage Flash (MSF) adalah salah satu teknologi desalinasi yang telah teruji untuk menjadikan air tersebut menjadi air minum

2.Tujuan
-Desalinasi untuk memanfaatkan air laut sebagai air minum
-Solusi Krisis Air Bersih

3.Bagian-bagian MSF
a. Pompa
Fungsi : untuk memompa feed yang berupa air laut dan  untuk menarik keluar air tawar hasil kondensasi pada tiap tiap stage.
b. Condenser
Fungsi : sebagai pendingin uap air tawar.
c. Pressure Reducer
Fungsi : untuk menurunkan tekanan di brine heater agar mendidih kurang dari titik didihnya
d. Mist separator
Fungsi : untuk memisahkan uap dari air laut hasil pemanasan brine heater.
e. Vent Ejector
Fungsi : mengeluarkan steam yang telah digunakan pada brine heater.
f. Brine Heater
Fungsi : untuk memanaskan umpan agar air tawar berubah wujud menjadi uap.

4.Jenis Instalasi MSF
a. Once Through Design
     Merupakan sistem MSF yang dirancang sekali lewat, dimana seluruh air laut yang akan diuapkan dialirkan keseluruh instalasi sekali lewat tanpa sirkulasi (recycle).

b. Brine Recycle
      Merupakan sistem yang sebagian dari air garam yang dibuang (reject brine) pada   bagian (tahap) yang paling dingin disirkulasikan atau didaurulang keruang penguapan tahap antara(intermediate stage).

5. Prinsip kerja
Desalinasi merupakan metode perubahan fase, yaitu air laut yang dipanaskan untuk menghasilkan uap air. Kemudian dikondensasi untuk menghasilkan air tawar.

6. Cara Kerja MSF
a. Pre-Treatment
     Treatment terhadap air laut yang dijadikan sebagai umpan.
b. Pre-Heated
     Pemanasan terhadap air laut sehingga terdapat 2 komponen yaitu uap air tawar dan  brine.

7. Pertimbangan penggunaan MSF
Analisis ekonomi pada desalinasi nuklir adalah salah satu faktor penting untuk menentukan pilihan. Secara umum,Biaya produksi air dipengaruhi oleh kapasitas, karakteristik tempat dan kualitas umpan. Komposisi unsur-unsur dalam air laut dipengaruhi oleh struktur geologi tanah dan kandungan unsur-unsur dalam air sungai yang mengalir ke laut. Kualitas sumber air laut mempengaruhi kinerja peralatan yang dilaluinya seperti pipa saluran, sistem penyaringan/pembersihan dan penampungan sebagai proses awal.

8. Keuntungan MSF
Air produk mempunyai kualitas yang lebih tinggi, tidak membutuhkan pembersihan sesering penggunaan destilasi dengan membran.
Air produk mempunyai kualitas yang lebih tinggi, tidak membutuhkan pembersihan sesering penggunaan destilasi dengan membran.
Modul-modul MSF dapat dirakit di pabrik perakitan dengan berat dapat mencapai 1.600 Ton, dapat diangkut ke lokasi dalam satu blok tunggal
Dapat digabungkan dengan instalasi pembangkit tenaga(steam atau gas turbine) untuk menghemat tenaga listrik atau menghemat biaya air.
Rancang bangun alat dapat dioptimisaisi untuk mendapatkan harga produksi air yang paling murah.

9. Kelemahan MSF
Dibutuhkan air umpan yang lebih besar untuk sejumlah air produk yang sama karena perbandingan rekoverinya lebih rendah
Instalasi ini juga lebih mudah terjadi kerak dan korosi, namun ini dapat dikontrol dengan penambahan inhibitor kerak dan inhibitor korosi. Selain itu korosi juga dapat diatasi dengan pemilihan material yang tahan korosi.
Instalasi MSF juga lebih memerlukan ruang untuk sejumlah kapasitas yang sama, total biaya dan konsumsi daya lebih besar.

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Tanggap Darurat Banjir Di Perusahaan Perkantoran

Rumus Untuk Menghitung Debit Air