KOLAM OKSIDASI : SALAH SATU PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK


KOLAM OKSIDASI : SALAH SATU PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK
1.       Kolam oksidasi
Teori:
Kolam oksidasi berbentuk persegi dengan kedalaman yang rendah. Limbah domestik disimpan di kolam ini dalam jangka waktu tertentu. Selama periode penyimpanan ini, limbah domestik diuraikan oleh bakteri aerob, alga dan sinar matahari. Ini berarti, pengolahan jenis ini adalah metode pengolahan limbah domestik secara alami. Bakteri aerob menyerap oksigen dari atmosfer untuk bertahan hidup dan mengguraikan materi organic di limbah domestic menjadi komponen yang lebih sederhana.
Konstruksi dan operasi:
Kolam oksidasi dibangun dalam bentuk kolam persegi pannjang dengan kedalaman yang dangkal. Panjang kolam bervariasi dari 50-100 m, lrbar kolam dari 30-50 m dan kedalaman bervariasi dari 0,9-1,5 m. kolam terbagi-bagi menjadi beberapa kompartemen yang dipisahkan oleh sekat sehingga terbentuk saluran zigzag. Limbah domestik masuk ke kolam melalui saluran inlet di salahsatu sudut. Limbah mengalir secara zigzag sampai seluruh kolam terisi. Waktu tinggal limbah bervariasi dari 7-14 hari. Pengurainan limbah domestik dilakukan oleh bakteri aerob. Setelah proses penguraian selesai, akan terbentuk humus hitam (lumpur) yang diambil untuk selanjutnya digunakan sebagai pupuk
Kelebihan:
a.       Menggunakan metode pengolahan alami sehingga murah.
b.      Pengoperasian dan perawatan yang mudah.
c.       Memiliki efisiensi tinggi dalam menyisihkan BOD (Bio Chemicals Oxygen Demand/ oksigen yg dibutuhkan untuk menguraikan senyawa didalam air oleh microba atau micro organisme).
Kekurangan:
a.       Membutuhkan lahan yang besar.
b.      Menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat menjadi sarang nyamuk.
c.       Pada musim penghujan dan berawan, limbah akan menjadi bersifat septic dan menimbulkan kondisi yang tidak bersih.
Kegunaan:
Sistem jenis ini cocok digunakan pada kota kecil yang memiliki iklim tropis.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Prosedur Tanggap Darurat Banjir Di Perusahaan Perkantoran

Mengenal DISTILASI/DESALINASI MULTI STAGE FLASH

Rumus Untuk Menghitung Debit Air