Polusi Cahaya - Pengertian, Penyebab dan Cara Penanggulangan

Polusi Cahaya - Pengertian, Penyebab dan Cara Penanggulangannya - Polusi cahaya adalah suatu kondisi dimana cahaya yang bersinar berlebihan, baik itu berasal dari cahaya buatan maupun cahaya alami sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi makhluk hidup yang berada di Lingkungan.

Selain polusi cahaya, ada beberapa jenis polusi yang sudah saya jelaskan di antaranya polusi udara, polusi suara dan polusi air. Polusi cahaya penyebab utamanya adalah penggunaan lampu lampu yang ada di luar rumah yang sifatnya buatan atau artifisial seperti lampu penerangan jalan, lampu di gedung, lampu taman, lampu reklame, lampu dekorasi, lampu stadion olahraga dan sebagainya.

Apabila lampu tersebut dipasang dengan cara yang kurang tepat maka akan menyebabkan polusi cahaya. Salah satu kampanye yang sering digerakkan oleh penduduk dunia untuk mengurangi polusi cahaya yaitu program atau kampanye Earth Hour yang biasa dilakukan setiap setahun sekali pada Sabtu terakhir di bulan Maret

Tentang Earth Hour

Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan.[1] Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008.[2][3] Earth Hour 2016 akan dilaksanakan pada 19 Maret 2016 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat. (sumber : Wikipedia)

Penyebab Polusi Cahaya

Menurut pusat observasi Bosscha, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan polusi cahaya, yaitu:


  1. Light Trespass yaitu Cahaya yang bersumber dari lampu di luar rumah yang berlebihan dan mengenai rumah kita, sehingga menghalangi jarak pandang, dan menyebabkan sulit tidur serta kurangnya kualitas tidur.
  2. Clutter adalah Sumber cahaya buatan seperti papan reklame, lampu jalan, lampu taman, dan lainnya yang menyebabkan gangguan penglihatan.
  3. Glare atau silau yang disebabkan oleh pendaran cahaya akan membuat penglihatan tidak nyaman.
  4. Sky Glow atau cahaya langit perkotaan, yaitu cahaya yang membuat langit menjadi terang, terutama di kota-kota besar.

Dampak pencemaran cahaya

Dampak pencemaran cahaya sangat dirasakan bagi para astronom, karena dapat mengganggu pengamatan mereka untuk melihat benda langit pada malam hari. Tidak terbatas hanya pada kelompok astronom, ternyata pencemaran cahaya juga berdampak pada ekosistem lingkungan secara luas, salah satu  dampaknya dapat menyebabkan gangguan terhadap navigasi hewan dan pertumbuhan tanaman.

Contohnya gangguan navigasi terhadap burung pada pada burung tertentu yang melakukan migrasi tahunan atau perpindahan dari wilayah ke wilayah lain mereka menggunakan magnet bumi, rasi bintang dan cahaya bulan. Perjalanan migrasi itu biasanya sangat jauh bahkan hingga antar benua, akibat akibat adanya pencemaran cahaya  burung-burung itu dapat tersesat akibat cahaya benda langit tidak terlihat.

Selain mengganggu navigasi migrasi burung-burung tertentu cahaya pencemaran cahaya juga berdampak pada serangga terutama serangga malam. Sebuah studi di Amerika mengatakan bahwa rata-rata setiap lampu jalan pada umumnya membunuh serangga 150 ekor per hari. Jika dijumlahkan dalam kurun waktu 1 tahun tentang serangga yang mati akibat satu lampu adalah 54000 serangga.

Selain pada hewan dan serangga, Polusi cahaya pun berpengaruh kepada manusia. Penelitian menyebutkan bahwa kondisi gelap dan terang sangat diperlukan untuk memproduksi hormon tertentu, menjaga jam istirahat tubuh untuk mempertahankan fungsi sel dan otak. 

Cahaya yang berlebihan terutama pada malam hari, berdampak buruk pada manusia, yaitu kesulitan untuk tidur atau lebih dikenal dengan istilah insomia. Cahaya yang menyilaukan akan juga berpengaruh pada kemampuan mata untuk beradaptasi pada gelap dan terang terutama saat mengemudikan kendaraan. Seperti yang telah disinggung di atas, cahaya yang berlebihan akan membuat kontras yang jelas antara tempat yang terang dan gelap, akibatnya daerah yang tidak terlalu terang menjadi sulit untuk dilihat, hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal.

Cara Penanggulangan Polusi Cahaya

Contoh penanggulangan pencemaran Cahaya.

Untuk menanggulangi polusi cahaya ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:
  • Menggunakan tudung lampu yang akan mengarahkan cahaya ke arah yang tepat dan tidak mengarah ke cahaya langit.
  • Gunakan sumber cahaya artifisial sesuai dengan kebutuhan.
  • Melakukan efisiensi lampu yang terdapat di halaman, perumahan dan gedung yang tidak terpakai.
  • Mengatur penggunaan lampu pada papan reklame atau papan iklan untuk dapat dimatikan saat tengah malam.
  • Menggunakan cahaya amber bukan cahaya putih.
  • Pilih lampu hemat energi.
  • Tanam pohon di sekitar sumber cahaya artifisial untuk memblokir atau menghalangi cahaya ke langit.
  • Itulah tadi penjelasan mengenai polusi cahaya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal DISTILASI/DESALINASI MULTI STAGE FLASH

Prosedur Tanggap Darurat Banjir Di Perusahaan Perkantoran

Rumus Untuk Menghitung Debit Air